24/10/11

PENGERTIAN PENGUKURAN, PENILAIAN DAN EVALUASI

materi ini saya dapat dari materi kuliah semester 5 Jurusan PGSD UPI Kampus Tasikmalaya ^^ 
Pengukuran :
    ... (measurement) adalah proses pemberian angka atau usaha memperoleh deskripsi numerik dari suatu tingkatan di mana seorang siswa telah mencapai karakteristik tertentu.
  Pengukuran berhubungan dengan proses pencarian atau penentuan nilai kuantitatif. 
Asesmen 
 ... (assessment) adalah penerapan berbagai cara dan penggunaan beragam alat penilaian untuk memperoleh informasi tentang sejauh mana hasil belajar siswa atau ketercapaian kompetensi (rangkaian kemampuan) siswa. Penilaian menjawab pertanyaan tentang sebaik apa hasil atau prestasi belajar seorang siswa
Assessment :
1.Process of collecting various information
2.Integration of overall information
3.Attainment of goals and purpose  
Process of Assessment :
1.Assessment begin with an analysis of criterion. The identification of criterion includes the expectation and demands and other forms of learning target.
2.It proceeds to determination of the kind of evidence that is appropriate abeout the individuals who are placed in the learning environment such as their relevant strengths and weakneas, skill, and abilities.
Evaluasi :
    ... adalah kegiatan identifikasi untuk melihat apakah suatu program yang telah direncanakan telah tercapai atau belum, berharga atau tidak, dan dapat pula untuk melihat tingkat efisiensi pelaksanaannya. Evaluasi berhubungan dengan keputusan nilai (value judgement)
  Contoh : evaluasi terhadap kurikulum baru, suatu kebijakan pendidikan, sumber belajar tertentu, atau etos kerja guru.
Tes :
     ... adalah cara penilaian yang dirancang dan dilaksanakan kepada siswa pada waktu dan tempat tertentu serta dalam kondisi yang memenuhi syarat-syarat tertentu yang jelas.
    ... adalah serangkaian pertanyaan atau latihan atau alat lain yang digunakan untuk mengukur keterampilan, pengetahuan, kecerdasan, kemampuan, atau bakat yang dimiliki oleh sesesorang atau kelompok.
Definisi Penilaian Pendidikan
(Permendiknas No. 20 Tahun 2007)
Penilaian pendidikan adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar