24/10/11

contoh RPP Mata Kuliah Mikro Teaching

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
                                             Mata Pelajaran     : IPA
                                             Kelas / Semester   : V / 2
                                             Alokasi Waktu     : 15 menit
                                            Hari / Tanggal      : Kamis, 10 Maret 2011
          


I.          Standar Kompetensi
7. Memahami perubahan yang terjadi di alam dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam
II.                 Kompetensi Dasar
7.2 Mengidentifikasi jenis-jenis tanah
III.               Indikator
-          Mengidentifikasi komposisi dan jenis-jenis tanah, misalnya berpasir, tanah liat dan humus
IV.              Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran
-          Siswa mampu mengenal jenis-jenis tanah
-          Siswa mampu mengidentifikasi komposisi dan jenis-jenis tanah
Karakter siswa yang diharapkan
-          Tanggung jawab
-          Ulet
-          Percaya diri
V.                 Materi Pembelajaran
Komposisi Dan Jenis – jenis Tanah
Jenis tanah dapat berbeda dari satu tempat dengan tempat lainnya. Hal ini tergantung pada jenis batuan tempat tanah terbentuk. Berdasarkan komposisinya jenis tanah dibedakan menjadi tanah berpasir, tanah berhumus, tanah liat dan tanah berkapur.
VI.              Metode Pembelajaran
-          Model Pembelajaran   : Kontekstual
-          Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, Tanya Jawab, Penugasan
VII.            Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
A.     Kegiatan Pendahuluan
1.      Pengkondisian kelas
2.      Mengecek Pemahaman awal siswa, dengan mengajukan pertanyaan
3.      Menyampaikan tujuan pembelajaran
Penyampaian materi ini adalah agar siswa mampu mengidentifikasi komposisi dan jenis-jenis tanah
4.      Menyampaikan kegiatan pembelajaran
Kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan adalah melalui kegiatan
B.     Kegiatan inti
-          Guru mengecek pengetahuan awal siswa mengenai materi
-          Guru memberikan materi pengantar mengenai komposisi dan jenis-jenis tanah
-          Dengan bimbingan guru, siswa ditugaskan untuk menunjukkan gambar jenis-jenis tanah yang di tempel di papan tulis
-          Siswa melaksanakan kegiatan tersebut dengan tertib dan menghargai orang lain
-          Guru memberikan umpan balik posistif terhadap kinerja siswa
C.     Kegiatan Penutup
-          Guru memberikan tes uji kopetensi berupa Pekerjaan Rumah (PR)
-          Guru dan siswa menyimpulkan materi ajar
-          Guru menutup kegiatan Pembelajaran
VIII.         Sarana dan Sumber Belajar
A.     Sarana
-          Gambar mengenai jenis-jenis tanah
B.     Sumber Belajar
-          Buku paket Ilmu Pengetahuan Alam kelas V untuk SD, halaman 118-125, penerbit Pusat  perbukuan Dinas pendidikan nasional tahun 2009.
IX.              Evaluasi / Penilaian
A.     Prosedur Tes
1.      Tes Kognitif (tes tertulis) dalam kegiatan akhir
2.      Tes Afektif, selama kegiatan belajar berlangsung
B.     Jenis Tes
1.      Tes tertulis (PR) dalam bentuk soal uraian sebanyak 2 soal *terlampir
2.      Tes afektif , penilaian tes kognitif : jawaban yang benar x 5 (2x5=10)

Tasikmalaya, Mei 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar